Ecogreen bamboo solid

Apa itu eco green bamboo solid ?.

Dunia sudah semakin parah tercemar oleh ulah manusianya. Pencemaran yang diawali dari eksploitasi minyak bumi dan hutan alami guna memenuhi seluruh kebutuhan hidup. sepantasnya sudah mulai dikendalikan sehingga dunia ini terselamatkan dari kerusakan total.

Lalu siapa yang akan menyelamatkan situasi dan kondisi tersebut, kalau bukan kita 

Kini, para ahli lingkungan mulai menyadari betapa pentingnya menjaga keseimbangan alam ini, sebelum pemanasan global semakin parah. dan kita semua terbakar oleh Panasnya Sinar Matahari yang terjebak dalam ruang besar dunia.

Pemanfaatan kayu dari hutan alami, sudah saatnya distop, setidaknya SANGAT DIBATASI dan diberikan alternatif pengganti yang sangat menyerupai kayu dari hasil hutan alami tersebut. Bahan kayu alternatif yang tidak merusak lingkungan dan mudah dihancurkan oleh alam.

Hutan kayu industri seperti hutan pinus,albasia atau jinjing, merupakan salah satu alternatif pengganti yang baik dalam mengerem kehancuran hutan alami yang terus dibuldoser dan ditebang oleh tangan tangan tak bertanggung jawab.. Namun sampai saat ini kualitas kayu dari 2 macam pohon itu masih belum dapat memuaskan banyak pihak, oleh karenanya perlu alternatif kayu lain yang lebih baik.

Kehadiran kayu bambu solid, kayu dengan bahan baku utama bambu yang dipress dengan tekanan sangat tinggi, merupakan sebuah terobosan baru yang harus mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah dan dunia.

Eco green bamboo solid merupakan sebuah alternatif penyelamatan lingkungan hijau dunia melalui pemanfaatan kayu bambu yang berkualitas tinggi. bukan sekedar bambu biasa.

Kayu bambu solid atau pringpress, sangat cocok untuk membuat pintu,lantai dan plafon, bahkan lemari, meja dan kursi.

Mengapa Bambu ?.

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.[1]

menurut Wikipedia, Bambu memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Hal ini berarti bahwa ketika bambu dipanen, bambu akan tumbuh kembali dengan cepat tanpa mengganggu ekosistem. Tidak seperti pohon, batang bambu muncul dari permukaan dengan diameter penuh dan tumbuh hingga mencapai tinggi maksimum dalam satu musim tumbuh (sekitar 3 sampai 4 bulan). Selama beberapa bulan tersebut, setiap tunas yang muncul akan tumbuh vertikal tanpa menumbuhkan cabang hingga usia kematangan dicapai. Lalu, cabang tumbuh dari node dan daun muncul. Pada tahun berikutnya, dinding batang yang mengandung pulp akan mengeras. Pada tahun ketiga, batang semakin mengeras. Hingga tahun ke lima, jamur dapat tumbuh di bagian luar batang dan menembus hingga ke dalam dan membusukkan batang. Hingga tahun ke delapan (tergantung pada spesies), pertumbuhan jamur akan menyebabkan batang bambu membusuk dna runtuh. Hal ini menunjukkan bahwa bambu paling tepat dipanen ketika berusia antara tiga hingga tujuh tahun. Bambu tidak akan bertambah tinggi atau membesar batangnya setelah tahun pertama, dan bambu yang telah runtuh atau dipanen tidak akan digantikan oleh tunas bambu baru di tempat ia pernah tumbuh.

Banyak spesies bambu tropis akan mati pada temperatur mendekati titik beku, sementara beberapa bambu di iklim sedang mampu bertahan hingga temperatur −29 °C (−20 °F). Beberapa bambu yang tahan dingin tersebut mampu bertahan hingga zona 5-6 dalam kategori USDA Plant Hardiness Zones, meski pada akhirnya mereka akan meruntuhkan daun-daunnya dan menghentikan pertumbuhan, namun rizomanya akan selamat dan menumbuhkan tunas bambu baru di musim semi berikutnya.

Itulah kehebatan bambu karenanya iya memang pantas untuk menjadi alternatif pengganti kayu solid.

Rumah-rumah di pedesaan Jawa dan Sunda masih banyak yang memakai dinding bambu. Pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal dipakai sebagai kaso. Batang bambu juga banyak dipakai sebagai jembatan darurat.

Bambu berkualitas tinggi lebih kuat dibandingkan baja,[16][17]sehingga dapat digunakan sebagai bahan bangunan maupunsenjata

Indonesia sangat KAYA dengan jenis bambu, iya tumbuh dari sabang sampai merauke. Berikut beberapa jenis (spesies) bambu yang ditemukan tumbuh di Indonesia.

  • Arundinaria japonica Sieb & Zuc ex Stend ditemukan di Jawa.
  • Bambusa arundinacea (Retz.) Wild. (Pring Ori) di Jawa dan Sulawesi.
  • Bambusa atra Lindl. (Loleba) di Maluku.
  • Bambusa balcooa Roxb. Di Jawa.
  • Bambusa blumeana Bl. ex Schul. f. (Bambu Duri) di Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.
  • Bambusa glaucescens (Wild) Sieb ex Munro. (Bambu Pagar; Cendani) di Jawa.
  • Bambusa horsfieldii Munro. (Bambu Embong) di Jawa.
  • Bambusa maculata (Bambu Tutul; Pring Tutul) di Bali.Bambu Tutul (Bambusa maculata)

  • Bambusa multiplex (Bambu Cendani; Mrengenani) di Jawa.
  • Bambusa polymorpha Munro. Di Jawa.
  • Bambusa tulda Munro. Di Jawa.
  • Bambusa tuldoides (Haur Hejo) di Jawa
  • Bambusa vulgaris Schard. (Awi Ampel; Haur Kuneng; Haur Hejo; Pring Kuning) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Maluku.
  • Dendrocalamus asper (Bambu Petung) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.
  • Dendrocalamus giganteus Munro. (Bambu Sembilang) di Jawa
  • Dendrocalamus strictur (Roxb) Ness. (Bambu Batu) di Jawa.
  • Dinochloa scandens (Bambu Cangkoreh; Kadalan) di Jawa.
  • Gigantochloa apus Kurz. (Bambu Apus; Bambu Tali) di Jawa

Perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa Jenis bambu yang mulai sulit ditemui dan hampir punah antara lain, Bambu Eul-eul, bambu Tutul, Bambu Betung, Bambu Wulung (hitam), Bambu Tamiang, Bambu Haur Koneng dan Bambu Haur Gereng.

Tanaman ini sangat mudah tumbuh di Indonesia. Sebagai keluarga rumput rumputan, bambu dapat berkembang dengan cara mudah, menggunakan rizoma atau akarnya. Bambu sangat jarang sekali berbunga, ia membutuhkan waktu bertahun tahun untuk mengeluarkan bunganya.

Dengan luasnya wilayah penyebaran dan keragamannya serta mudahnya tumbuh pohon bambu, maka bambu SANGAT PANTAS dijadikan bahan alternatif Utama sebagai pengganti Kayu Alami.

Kapan lagi mau mulai manfaatkan bambu, kalau bukan dari SEKARANG.

ayo bersama IHM kita bangun masa depan perkayuan menjadi lebih baik

Iklan