Bamboo solid

Kayu solid adalah istilah yang paling sering digunakan untuk membedakan antara kayu biasa dan kayu buatan, tetapi juga mengacu pada struktur yang tidak memiliki ruang berongga. Pembuatan produk kayu diproduksi oleh mengikat bersama-sama alur kayu, serat, atau veneer dengan perekat untuk membentuk suatu material komposit. Kayu dirancang termasuk kayu lapis, papan oriented strand (OSB) dan papan serat. Fakta bahwa produk yang dibuat dari kayu solid seringkali disebut-sebut dalam iklan. Namun, dengan menggunakan kayu solid memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kayu solid hanya terdiri dari bahan dasar kayu tanpa dicampur atau di kombinasi dengan bentuk bahan lain atau biasa disebut kayu campuran. Walaupun pada pengerjaannya kita menggunakan sambungan laminasi, finger joint atau konstruksi yang lain untuk papan atas meja misalnya, bahan tersebut masih disebut sebagai kayu solid.
Setelah keluar dari klin dry kayu gergajian bisa diproses langsung menjadi kaki meja, papan atas meja (dilaminasi) atau papan samping laci tanpa melalui proses lebih rumit. Kayu yang digunakan langsung tersebut kita tetap menganggap sebagai kayu solid. Atau ketika anda membuat kaki belakang sebuah kursi yang melengkung yang dibelah dari selembar papan dan digergaji sesuai dengan lengkungan kaki kursi, bahan tersebut tetap disebut kayu solid.[sumber wikipedia )

Bambu solid dapat dianggap sebagai kayu solid, bamboo solid merupakan bambu yang diproses melalui teknik pressing dengan mesin bertekanan sangat tinggi sehingga terbentuk balok dengan ukuran 15×15 x 210 cm. Sangat padat, berat,kuat,tekstur serat menarik, dengan kekeringan dibawah 15%.

Bambu solid( bamboo solid ) atau pring press merupakan bahan baku bangunan dan aneka kebutuhan rumah tangga masa depan, sebab pemanfaatan kayu hutan kelak akan dilarang. Hutan tak lagi boleh dieksploitasi karena merusak lingkungan hidup.

Negara negara di Eropa dan Amerika sudah mulai menerapkan ecogreen, dimana produk kayu yang mereka manfaatkan haruslah kayu berasal dari hutan industri atau hutan buatan yang cepat direkondisi kembali. Mereka sudah tidak menerima produk kayu yang berasal dari hutan alami. Sekarang, eksportir produk kayu kita lebih banyak yang memanfaatkan kayu sengon/alabasia. Namun jenis kayu tersebut memiliki keterbatasan yang sangat besar, terutama karena kualitasnya yang rendah. Kehadiran kayu bambu alias pringpress menjadi alternatif yang sangat menjanjikan bagi masa depan perkayuan Indonesia dan dunia.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bambu solid atau pringpress memiliki kualitas yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan. Ini akan menjadi bahan bangunan alternatif terbaik di masa depan.

Bambu solid dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan antara lain

Lantai bambu

Dinding Bambu

Plafon

Pintu dan jendela

Kusen

Perlengkapan rumah tangga 

dan Tangga rumah/kantor 

TIPS

Memilih kayu yang baik

Kayu  yang akan digunakan untuk produk-produk kayu dengan penampilan yang baik, ternyata harus kayu yang memiliki kekeringan berkadar air dibawah 15%.
Pada jaman dulu, orang melakukan pemotongan kayu  hanya pada pohon yang sudah kering. Pohon dimatikan tanpa dipotong. Pohon dibiarkan mati dengan keadaan berdiri, dengan cara ini maka pohon ini akan kering secara alami. Pohon yang sudah kering ini kemudian baru dipotong dan dibelah untuk digunakan.
Pada saat ini,  pengeringan kayu banyak dilakukan dengan menggunakan oven kayu. Kayu dipotong dan dibelah, kemudian dimasukkan dalam kiln dry untuk dikeringkan. Untuk mendapatkan kayu dengan kualitas terbaik, maka pengeringan kayu  tidak boleh terlalu cepat. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 minggu sampai 6 minggu pengeringan untuk mendapatkan hasil kayu yang maksimal. Pengeringan yang terlalu cepat bisa mengurangi kualitas kayu dengan adanya kayu yang retak, melengkung atau masalah dengan warna kayu yang gelap. Pengeringan dengan menggunakan oven juga bisa  menghasilkan kualitas kayu yang lebih baik.
Kayu  yang digunakan untuk membuat produk kayu bagiamanapun juga harus kayu yang sudah kering. Penggunaan kayu yang masih basah akan menimbulkan masalah di kemudian hari seperti masalah kayu pecah, melengkung atau bahkan masalah jamur.
Kehadiran kayu bamboo, kayu buatan dari bahan baku bambu dengan sistem pressing bertekanan tinggi dan system pengeringan yang baik, menjamin bahwa kayu bambu memang memiliki kualitas tinggi. 
Harga bamboo solid Rp. 20.000.000 ,- per m3 ( belum termasuk ongkos kirim )

hubungi : 08588.5262.999